Posisi Tidur Yang Baik Untuk Bentuk Tubuh Menurut Para Ahli

Posisi tidur yang baik – Tidur merupakan aktivitas yang bisa dilakukan dengan berbagai posisi. Entah menghadap samping, tengkurap ataupun berbaring. Para ahli berpendapat posisi tidur ternyata bisa mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Minimal waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur adalah sebanyak 7 atau 8 jam dalam sehar. Karena ketika tidur tubuh akan memberikan kesempatan kepada beberapa hormon untuk bekerja secara maksimal. dengan memperhatikan posisi tidur.

surabayanws.com

Kita Sebagai manusia sangat membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran supaya bisa berfungsi dengan baik. Selain itu ada beberapa proses biologi yang terjadi saat kita tertidur yang mana penemuan ini belum banyak diketahui.

Meskipun Ada banyak posisi tidur kita harus cermat untuk memilih posisi untuk kenyamanan kita dalam beristirahat. Artikel ini akan membahas beberapa posisi tidur yang baik dan beberapa efek yang kita dapatkan. Berikut Penjelasan singkatnya :


Posisi Tidur Dengan Badan Menyamping


Posisi tidur yang baik menyamping
asmaraku.com

Apakah anda merasa nyaman bila mana anda tidur menggunakan posisi miring ? Banyak ahli yang berpendapat sebaiknya Anda memiringkan tubuh menghadap ke arah kanan. Karena Jika anda menhadap kearah kiri akan berefek kepada kesehatan jantung.

Seperti halnya tidur menggunakan posisi telungkup, tidur dengan posisi miring ke kiri akan menyebabkan jantung menjadi terbebani berat badan Anda. Seperti yang kita tau bersama, jantung memiliki tugas untuk memompa darah keseluruh tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan jantung menjadi terlalu lelah yang akan berakibat fatal dalam kurun waktu yang lumayan panjang.

Posisi tubuh menghadap kekanan dengan tangan kanan sebagai alas merupakan posisi yang paling disarankan oleh para pakar kesehatan. Dampak lain jika anda tidur dengan posisi menyamping menghadap kanan selain menyehatkan jantung adalah bisa meringankan penyakit nyeri punggung atau pinggul untuk ibu hamil, karena posisi ini tidak akan menambahkan rasa nyeri di daerah pinggul.

Posisi tidur dengan posisi miring menghadap ke kanan merupakan posisi terbaik dan sangat dianjurkan para ahli. Posisi tidur yang baik dengan posisi menyamping adalah seperti cara tidur-nya anak bayi.

yaitu dengan melengkungkan sedikit punggung dan kaki sedikit menekuk. Posisi ini bisa mengurangi tekanan pada bagian tulang punggung, mempermudah pernafasan, dan melonggarkan organ-organ tubuh.

Baiknya gunakanlah bantal yang sedikit keras di bawah kepala untuk mengurangi tekanan pada bagian pundak. Sisipkan bantal di antara kedua kaki agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul dan menimbulkan pegal-pegal.


Posisi Tidur Dengan Terlentang


Posisi tidur berbaring
uprint.id

Tidur menggunakan posisi terlentang akan memudahkan kinerja kepala, leher dan tulang belakang dalam mempertahankan posisi netral. Menggunakan posisi ini ketika tidur akan mencegah mencegah rasa sakit leher, punggung dan akan meminimalkan keriput pada kulit dan menjaga bentuk payudara agar tetap baik.

Para ahli berpendapat, Tidur dengan posisi terlentang bisa menjaga bentuk tubuh agar tetap tegap dan lurus. Dalam penelitian yang lain tidur dengan posisi terlentang ternyata merupakan posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan.

Sayangnya posisi terlentang kurang cocok bagi mereka yang memmiliki kebiasaan mendengkur. Karena tenggorokan dan rahang masih di bawah pengaruh gravitasi yang akan menyebabkan rongga tenggorokan menjadi menyempit yang akan membuat turbulensi udara bergetar dan menimbulkan bunyi dengkuran. Masalah ini bisa anda atasi dengan cara menolehkan wajah ke arah kanan untuk menyetabilkan rongga tenggorokan.

Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa tidur dengan posisi telentang ini berbahaya karena bisa menimbulkan nyeri punggung bagian bawah dan bahkan apnea tidur. Tetapi masalah itu bisa Anda selesaikan dengan cara menaruh bantal di bawah lutut anda untuk memberikan lekukan alami di bagian tulang belakang.


Posisi Tidur Dengan Tengkurap


posisi tidur yang baik bukan tengkurap
blogfitriapunya.blogspot.com

Tidur tengkurap tentunya posisi wajah dan tubuh pada umumnya menghadap kebawah. Menurut seorang ahli bernama Glaser, posisi tidur tengkurap akan memberikan tekanan lebih pada setiap sendi dan otot yang akan mengakibatkan rasa kesemutan yang luar biasa.

Bahkan ada beberapa Para ahli yang tidak merekomendasikan tidur dengan posisi tengkurap karena akan menimbulkan ketegangan pada bagian perut, punggung bawah, dan sakit leher. Hal ini akan menimbulkan penyakit tertendu dalam jangka waktu yang lama.

Di sisi lain posisi tidur dengan tengkurap bisa dipakai untuk mereka yang suka mendengkur karena saluran udara bagian atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak mempunyai riwayat sakit leher, punggung dan suka mendengkur. posisi tidur dengan tengkurap bisa menjadi pilihan tetapi tidak terlalu disarankan.

Jika Anda masih mau tidur dengan posisi tengkurap, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan bantal atau benda lembut yang lainnya agar posisi leher tidak begitu tertekan. Tetapi Lebih baiknya lagi Anda berhenti untuk tidur tengkurap karena posisi tidur ini tidak begitu baik.


Kepribadian Seorang Bisa Diketahui Dari Posisi Tidurnya


Ada sebuah penelitian yang mana melibatkan 1000 orang untuk meneliti seberapa besar pengaruh dari posisi tidur kepada sifat dan karakter tertentu. Berikut ini merupakan beberapa hasil yang mana cukup menakjubkan diantaranya adalah :

1. Posisi Janin

Seperti Posisi Janin
satujam.com

posisi ini agak meringkuk layaknya janin. Kebanyakan yang menggunakan posisi ini adalah wanita yang merupakan posisi tidur yang paling umum dipakai (sekitar 41% partisipan). Orang yang tidur layaknya posisi janin terlihat tangguh di luar namun sangat lembut di dalam.

2. Posisi Batang Kayu

Tidur dengan posisi menyamping dengan lengan dan kaki lurus menghadap ke bawah. Kebanyakan orang yang tidur menggunakan posisi ini biasanya easy-going, mudah galau dan sangat mudah percayai dengan orang sampai-sampai sering ditipu orang lain. Hasil penelitian menunjukkan sekitar 15% partisipasi posisi tidurnya seperti ini.

3. Posisi Yearner

posisi tidur baik yearner
setiawanparusa.wordpress.com

Posisinya menyamping dengan kedua tangan ada di depan dan posisi kaki lurus. Berdasarkan penelitian sekitar 13% orang tidur menggunakan posisi ini, cenderung berpikiran terbuka namun sayangnya mudah curigaan, suka bersikap sinis, dan sudah untuk merubah pendirian.

4. Posisi Prajurit

Posisi tidurnya telentang dengan posisi lengan dan kaki lurus menghadap ke bawah. 8% orang yang tidur dengan posisi ini biasanya pendiam, pendiam, tenang, dan punya standar tinggi dalam menentukan sesuatu. Tetapi Posisi seperti ini akan  membuat Anda mendengkur karena posisinya yang datar.

5. Posisi Terjun Bebas

Posisi tidur yang baik bukan dengan posisi terjun bebas
uprint.id

Posisinya tengkurap dengan tangan di bagian bawah atau di sekeliling bantal dan kepalanya menghadap ke arah samping. Ada seklitar 7% orang tidur dengan posisi ini cenderung kurang ajar, sangat percaya diri, dan tidak suka dengan kritik. Posisi ini bukanlah posisi yang direkomendasikan.

6. Posisi Bintang Laut

Posisi tidurnya telentang dengan lengan menghadap ke atas diantara bantal. Posisi tidur yang seperti ini ada sekitar 5% partisipan. Orang yang tidur dengan posisi ini biasanya seorang suka membantu, pendengar yang baik, dan kurang suka jika menjadi pusat perhatian. Namun mereka suka mendengkur sangat susah untuk tidur nyentak.

Demikianlah Pembahasan kita mengenai posisi tidur yang baik menurut para ahli. Yang mana posisi ini sangat berpengaruh kepada kesehatan dan cerminan kepribadian. Kepribadian memang sulit diubah, Namun Kebiasaan bisa tidur bisa anda rubah. Mulailah Tidur dengan Posisi tidur yang baik. Sekian dan terimakasih banyak.

2 pemikiran pada “Posisi Tidur Yang Baik Untuk Bentuk Tubuh Menurut Para Ahli

Tinggalkan komentar