Posisi Tidur Yang Baik Menurut Islam Berdasarkan Pengamatan Ilmiyah

Posisi tidur yang baik menurut islam – Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam senantiasa memberikan contoh kepada umatnya dalam segala kegiatan. Termasuk posisi tidur yang baik menggunakan etika supaya tidur kita bisa menjadi nyenak dan menyehatkan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai terkait posisi tidur yang baik menurut islam yang Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sunnahkan. Berikut ini beberapa etika tidur yang sesuai dengan hadits Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan hasil penelitiannya. Diantaranya:


Berwudhu Sebelum Tidur


posisi tidur yang baik menurut islam adalah dalam keadaan berwudhu
jadisehat.net

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Pekerjaan yang rasulullah contohkan dan perlu untuk dilakukan sebelum tidur adalah mengambil air wudhu. Salah seorang psikiater dan neurolog dari Austria bernama Prof Leopold Werner von Ehrenfels. menemukan sesuatu yang sangat menakjubkan ketika seseorang mengambil air wudhu.

Menurutnya Air wudhu bisa merangsang pusat syaraf yang ada di tubuh manusia. Karena kesamaan air wudhu dan beberapa titik-titik syaraf. Dan Berkhasiat untuk menyehatkan tubuh dan memperbaiki kerusakan yang terjadi didalamnya.

Ulama fikih yang menjelaskan tentang hikmah wudhu sebagai bagian untuk memelihara kebersihan rohani dan fisik. Karena bagian yang dibasuh memang merupakan bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda asing seperti kotoran. Karenanya daerah yang dibasuh itu seperti tangan, muka, mulut, dan kaki.

Mokhtar Salem di dalam bukunya yang berjudul Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan, wudhu ddapat mencegah terjadinya kanker kulit. Jenis kanker ini biasanya banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia kotor yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Karenanya posisi tudur yang baik menurut islam sangat di anjurkan untuk mengambil air wudhu.


Membaca Do’a Tidur Sebelum dan Sesudah


posisi tidur yang baik menurut islam adalah ketika sudah berdoa
orirabowo.wordpress.com

Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa” (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup). Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)

Selaku makluk yang lemah dan tidak memiliki kuasa penuh terhadap tubuh ini, selayaknya kita Memuji Rabb yang maha segalanya. Supaya kematian (tidur) kita yang sementara tetap diberkahi dan ketika bangun Allah masih memberikan kepada kita nikmat-nikmatnya.


Membaca Surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas


posisi tidur yang baik adalah ketika sudah membaca trikul
alquranmulia.wordpress.com

Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)


Posisi Tidur Miring Menghadap Kanan


asmaraku.com

Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan“.

Dalam Hadits yang lain disebutkan :

“Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

posisi tidur yang baik menurut islam adalah menghadap ke kanan merupakan posisi terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah. Tidur dengan posisi miring ke kanan akan membantu meperlancar aliran darah dari bilik jantung kiri yang posisinya lebih tinggi. Dan akan di salurkan ke seluruh tubuh kecuali pembuluh Aorta.

Dengan posisi tidur menghadap ke kanan, maka seluruh bagian tubuh selain tangan kiri akan menjadi sejajar atau di bawah jantung. Sehingga darah akan dengan mudah dialirkan ke seluruh bagian tubuh sesuai hukum gravitasi. Posisi tubuh yang seperti inilah sangat baik untuk jantung.


Tidak Tidur Dengan Posisi Tengkurap


okezone.com

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Tidur menggunakan posisi tengkurap memiliki efek yang lumayan fatal jika tidak dilakukan setiap hari. Efeknya akan membuat tubuh menjadi terlalu lelahan dikarenakan tekanan tubuh dimana proses metabolisme tidak bisa berjalan dengan semestinya dan kesehatan tubuh akan mengalami gangguan.


Tidurlah Di Awal Malam


gregetan.com

“Beliau saw tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam.” (Mutafaq ’Alaih)
“Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235))

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Para dokter ahli di TAIWAN NATIONAL Hospital menemukan penemuan baru penyebab utama terjadi kerusakan pada organ hati adalah dikarenakan seseorang yang terbiasa tidur ketika larut malam dan bangun ketika matahari sudah terbit tinggi (siang).

Usahakanlah Jangan tidur lewat dari jam 22.00 malam, karena ketiks malam Pukul. 23.00 sampai pukul. 01.00 Proses Detox pada bagian hati sedang bekerja. Namun Proses itu tidak akan harus berlangsung jika dalam kondisi tubuh saat itu dalam keadaan sadar.

Begitu juga Begadang dan bangun tidur terlalu siang akan mengacaukan proses Metabolisme tubuh. Selain itu di waktu tengah malam sampai pukul 04.00 pagi hari merupakan waktu Seumsum Tulang Belakang untuk memproduksi sel-sel darah yang baru. Karenanya Posisi tidur yang baik menurut islam tidur sehabis isya sangat dianjurkan.


Tidur di Ruangan Gelap


nurudin.jauhari.net

Rasulullah shollallâhu ‘alaihi wasallam juga bersabda: Apabila kalian tidur, maka padamkanlah lampu-lampu kalian. Sebab, setan-setan berkeliaran seperti tikus dan menabrak (lampu-lampu kalian) sehingga kalian terbakar. [HR Ibnu Hibban]

Seorang ahli biologi bernama Joan Roberts, adalah orang pertama yang menemukan bahwa ada hubungan yang erat antara lampu dan kesehatan manusia. Ia menemukan korelasi tersebut dalam penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan yang diberikan perlakuan menyalakan lampu buatan di sepanjang malam.

Setelah beliau mengamati beberapa lama, maka Roberts melakukan pengetesan seberapa banyak kadar hormon melatonin dalam tubuh hewan tersebut. Joan Roberts pun menemukan fakta bahwa jumlah hormonnya semakin berkurang disertai adanya penurunan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Maka Joan Roberts pun menyimpulkan bahwa cahaya lampu dapat menyebabkan penurunan kadar hormon melatonin dalam tubuh hewan dan manusia yang bisa mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh kepada penyakit yang parahnya akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah.

Demikianlah Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mengamalkan hak-hak tidur yang sudah diberikan Allah subhanahu wata’ala kepadanya. Maka sudah sepantasnya kita umat islam mencontoh dan mengamalkan tata cara ini. Supaya tidur kita terasa nikmat.

Seperti itulah informasi tentang Posisi tidur yang baik menurut islam dan beberapa penelitian ahli kedokteran. Semoga apa yang kami berikan bisa membantu kita dalam menjalani hidup ini. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komen. Mungkin cukup sekian dan terima kasih banyak atas waktunya.

Satu pemikiran pada “Posisi Tidur Yang Baik Menurut Islam Berdasarkan Pengamatan Ilmiyah

Tinggalkan komentar