contoh paragraf eksposisi singkat

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat – Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung entang apa yang definisi paragraf eksposisi. Jika kita perhatikan secara seksama janis paragraf ini hampir sama dengan paragraf argumentasi. Namun ada beberapa perbedaan mencolok diantara keduanya.

contoh paragraf eksposisi singkat
pixabay.com

Dalam Artikel Kali ini akan dijabarkan penjelasan tentang pengertian paragraf eksposisi dan ciri ciri paragraf eksposisi, jenis-jenisnya dan contoh paragraf ekposisi. Baiklah, langsung saja kita simak bersama penjelasannya.


Pengertian Paragraf Eksposisi


Secara bahasa paragraf eksposisi berasal dari bahasa inggris (explanation), informasi (information). Artinya paragraf eksposisi merupakan paragraf yang didalamnya mengadung penjelasan seputar pengetahuan dan informasi terkini yang dihubungkan dengan topik yang ingin sampaikan penulis.

Pada umumnya paragraf ini bisa kita temukan dalam acara gosip-gosip artis. Seperti pada umumnya, paragraf eksposisi memiliki fungsi sebagai wadah untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca dengan sejelas jelasnya.


Ciri ciri paragraf Eksposisi


Seperti yang sudah disinggung diatas, paragraf ini memiliki kesamaan dengan paragraf argumentasi. Karenanya dibutuhkan pengetahuan yang lebih tentang ciri ciri paragraf eksposisi supaya kita tidak salah sangka. Berikut beberapa ciri paragraf eksposisi.

  • Ciri yang pertama dari paragraf eksposisi adalah adanya pengertian mengenai suatu istilah dalam suatu topik yang sedang dibahas penulis.
  • Paragraf eksposisi memiliki sifat memberikan informasi dengan para pembacanya.
  • Sifat paragraf eksposisi adalah objektif dan netral. Dalam strukturnya paragraf eksposisi tidak memiliki sifat persuasif atau mengajak dan memengaruhi pembaca. Ciri-ciri inilah yang membedakan antara peragraf eksposisi dengan paragraf argumentasi.
  • Dalam penulisan karangan eksposisi data yang diberikan harus akurat berdasarkan sumber yang benar-benar terpercaya. Hal ini bertujuan supaya para pembaca bisa percaya dengan tulisan yang disajikan.
  • Seorang yang ingin menulis yang membuat teks paragraf eksposisi yang bagus adalah paragraf yang berisi didalamnya pertanyaan apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana.

Jenis Jenis Paragraf Eksposisi


Dalam pelajaran Bahasa Indonesia paragraf ekspisisi bahwa dibagi kedalm 6 jenis. Pembagian tersebut dibagi berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Berikut jenis dan contoh karangan eksposisi singkat, diantaranya adalah :

1. Jenis Paragraf Eksposisi Definisi

contoh paragraf eksposisi singkat
studioznak.net

Sesuai dengan namanya, tujuan dibuatnya paragraf eksposisi definisi adalah memaparkan topik tertentu dan penjelaskannya dalam bentuk batasan batasan dimana topik tersebut bisa sesuai dengan keinginan penulis. Hal ini bertujuan tulisan bisa dibedakan dengan tulisan lain-nya dan dipahami oleh pembaca.

Untuk membuat paragraf eksposisi definisi, penulis sangat diharuskan untuk memberikan topik dan penjelasan secara beruntut. Dari pada bingung, lebih baik kita perhatikan contoh paragraf eksposisi singkat dibawah ini :

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Definisi :

Nama tumbuhan tersebut adalah Jahe Zingiber officinale, tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan rimpang yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Jahe Zingiber sering digunakan sebagai tambahan bumbu dan penyedap rasa alami dalam masakan.

Selain itu, fungsi lain dari tumbuhan jahe zingiber adalah bisa mengobati beberapa penyakit dalam seperti panas dalam, batuk dan hebatnya jahe zingiber menurut penelitian bisa menyembuhkan kanker.

Tumbuhan ini memiliki tinggi sekitar 30 sampai 100 cm. Daun tumbuhan-nya, memiliki bentuk menyirip dengan panjang mencapai 15 sampai 23 mm dan lebar-nya sekitar 8 sampai 15 mm. Tumbuhan Jahe memiliki batang yang rimpang dan akarnya berbentuk jemari sedikit menggembung di bagian ruas tengah-nya.

Jahe ini memiliki rasa yang cukup pedas dan hangat yang disebabkan oleh adanya senyawa keton yaitu zingeron. Di pasaran, terdapat tiga jenis jahe yang sering dijual yaitu jahe merah, jahe gajah dan jahe kuning.

2. Jenis Paragraf Eksposisi Proses

contoh teks eksposisi
studioznak.net

Paragraf eksposisi proses merupakan sebuah rangkaian paragraf yang menjelaskan sebuah topik dengan perinci berdasarkan urut atau langkah langkah dan proses dalam pengerjaannya. Jenis paragraf eksposisi proses banyak kita temukan dalam teks atau artikel tentang tutorial membuat sesuatu seperti cara membuat kue.

Tak hanya itu paragraf eksposisi jenis ini juga banyak dipakai dalam tulisan cara menggunakan sesuatu benda. bahkan seringkali digunakan dalam penulisan proses terjadinya sesuatu hal seperti kenapa bisa terjadi gempa bumi dan teks lainya.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Proses:

Oksigen merupakan suatu senyawa yang berasal dari proses fotosintesis tumbuhan. Proses terjadi fotosintesis berlangsung dibagian daun. Sebelum melakukan proses fotosintesis, tumbuhan ada tiga bahan penting yang dibutuhkan diantaranya air, sinar matahari, dan karbon dioksida sebagai sumber karbon.

Karbon dioksida hampir seluruhnya melayang bebas di udara dengan jumlah yang tak terbatas ini akan masuk ke dalam stomata bagian daun. Dimana pada bagian kloroplas, energi matahari akan diserap oleh pigmen hijau (klorofil).

Tugasnya adalah untuk menghasilkan energi untuk proses fotosintesis. Sedangkan air yang diangkut dari bagian akar akan diantarkan melalui pembuluh xilem menuju bagian daun.

Setelah semua proses pengumpulan selesai, sinar matahari yang mengenai klorofil akan menghasilkan energi untuk melangsungkan reaksi pemecahan air sehingga akan menghasilkan elektron yang akan dipakai untuk melakukan reaksi selanjutnya. yang nanti akan menghasilkan glukosa dan oksigen.

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Proses Pembuatan Blog

Blog merupakan sebuah halaman artikel yang dipakai para Blogger saat membuatnya sebagai penyedia. Cara membuat blog sangat mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat gmail terlebih dahulu dengan masuk ke situsnya yaitu google.com kemudian pilih buat email.

Setelah pembuat email selesai, tahapan selanjutnya adalah masuk ke halaman blogger untuk membuat blog menggunakan gmail yang telah anda buat. Akan terdapat beberapa form yang harus anda isi, mulai dari nama blog, alamat blog dan banyak lagi pengaturan di bagian setting.

Jika nama dan judul blog serta template sudah anda pilih, Pilihlah template sangat baik untuk halaman blog anda. setelah itu anda bisa mengisi telah dapat menulis di blog anda dengan menekan compose atau entri baru dibagian kiri atas.

3. Jenis Paragraf Eksposisi Ilustrasi

contoh paragraf eksposisi singkat
studioznak.net

Paragraf eksposisi ilustrasi yang satu ini berusaha memberikan sebuah gambaran terhadap topik yang sedang dibahas. Ciri khas yang terdapat didalam jenis contoh paragraf eksposisi ini adalah dengan menambahkan hal lain yang memiliki kesamaan dalam beberapa hal tertentu.

Namun jangan salah, walaupun terdapat dua bahasan, tetap saja ide pokok dalam pembahasan harus tetap fokus. Dalam paragraf eksposisi ilustrasi tidak bertujuan untuk membandingkan keduanya akan tetapi untuk menyambungkan kesamaan sehingga para pembaca bisa lebih mudah mencerna. Bahasa singkatnya “dianalogikan”

Contoh paragraf eksposisi ilustrasi:

Membuat website dibutuhkan tentunya dibutuhkan ketekunan dan kerja keras. Sama halnya dalam berbisnis yang membutuhkan modal diawal dan kesungguhan dalam mengembangkan-nya. Tanpa adanya ketekunan dan kerja keras dalam membuat website maka website akan menjadi usung dan tidak akan berkembang.

Dalam berbisnis pula dibutuhkan investasi untuk meningkatkan pelayanan dan pemasukan supaya para konsumen bisa merasa nyaman dengan bisnis kita. Sama halnya dengan membuat website yang membutuhkan dana tertentu dalam meningkatkan kenyamanan para pembaca.

Seperti membeli template premium atau membeli artikel yang berkualitas. Tak hanya itu membeli domain untuk menaikkan SEO friendly website kita dan banyak lagi investasi yang bisa kita lakukan. Sama halnya dengan berbisnis, membuat website juga bisa mendatangkan penghasilan pasif bagi anda.

 4. Paragraf Eksposisi Perbandingan / Pertentangan

paragraf eksposisi singkat
studioznak.net

Paragraf eksposisi perbandingan merupakan sebuah paragraf yang dibuat untuk menjelaskan sesuatu menggunakan menggunakan kalimat utama dengan menambahkan suatu perbandingan yang sejalan. Jika kita perhatikan jenis paragraf ini hampir sama seperti paragraf eksposisi ilustrasi.

Sedangkan paragraf eksposisi pertentangan memiliki kesamaan dalam struktur penulisa. Namun, Hanya saja hal yang ditambahkan tentang hal yang berisi pertentangan-pertentangan dari topik yang dibahas.

Salah satu ciri khas yang terdapat pada paragraf eksposisi perbandingan adalah banyaknya menggunakan kata hubung berupa, seperti halnya, sama dengan, demikian juga, sesuai dengan, selaras dengan dan berbeda dengan. Sifat yang harus ada dalam paragraf eksposisi perbandingan adalah konkret dan sudah diketahui secara umum.

Lain halnya dengan paragraf ekposisi pertentangan yang mana banyak menggunakan kata hubung yaitu biarpun, berbeda, walaupun, akan tetapi, berbeda dengan, sebaliknya, namun, melainkan, dan meskipun begitu.

Contoh paragraf eksposisi perbandingan:

Tinju bukanlah cabang olahraga yang memiliki banyak peminat. Namun olahraga ini memiliki banuak penggemar. Berbeda dengan cabang olahraga jalan kaki atau olahraga jogging, yang mana memiliki peminat yang banyak, namun penggemar yang sedikit.

Kenapa bisa seperti itu ? jawabanya sangat jelas, yaitu orang lebih suka meikmati adegan aksi dari pada adegan lainnya dan juga tidak ada orang yang mau menonton orang lain ketika sedang berjalan kaki.

Contoh paragraf eksposisi pertentangan

Orang gemar bersepeda, pada umumnya ialah orang orang yang mencintai lingkungan dan alam sekitar. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan complain apabila bertemu jalan yang sempit di lorong lorong khususnya di desa desa.

5. Jenis Paragraf Eksposisi Klasifikasi

teks eksposisi
studioznak.net

Paragraf eksposisi klasifikasi merupakan paragraf yang dibuat untuk membagi dan mengelompokkan Sebuah data dalam sesuatu topik pembahasan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pembaca dalam mencerna sebuah ilmu dan informasi dengan lebih mendetail.

Paragraf eksposisi klasifikasi ini bisa anda temukan dalam banyak artikel maupun buku buku yang berisi tentang mengelompokkan sesuatu. Contohnya seperti jenis-jenis unggas, jenis tanaman hias dan lainnya.

Contoh paragraf eksposisi klasifikasi:

Secara umum fungsi Olahraga tidak hanya akan menyehatkan tubuh saja, tetapi juga bisa menyehatkan mental yang mana akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar seseorang. Sebab, ternyata kegiatan belajar mengajar tidak hanya kegiatan intelektual, tetapi kesehatan tubuh saat itu sangatlah berpengaruh.

Seorang pakar kesehatan bernama Dr. Dave Meier mengelompokan aktivitas belajar mengajar menjadi empat kategori diantaranya :

  • Somatis merupakan proses belajar yang dilakukan dengan membuat bergerak seperti menari dan olahraga.
  • Auditori merpakan proses belajar dengan cara berbicara dan mendengar.
  • Visual adalah proses belajar dengan cara mengamati dan menggambarkan sesuatu.
  • Intelektual merupakan proses belajar dengan memecahkan masalah dan merenunginya.

Nah… Keempat aktivitas dan cara belajar ini harus diketahuhi dan dikuasai setiap individu sehingga kemampuan belajar seseorang bisa dikembangkan dengan optimal.

6. Jenis Paragraf Eksposisi Laporan

contoh paragraf eksposisi singkat
studioznak.net

Mungkin jika anda pernah lihat sebuah laporan BPJS, laporan keuangan, laporan BPS atau mungkin dalam sebuah artikel atau koran yang ada kaitannya dengan masalah ekonomian atau daftar nama korban bencana alam. Beberapa hal yang disebutkan merupakan contoh paragraf eksposisi laporan.

Paragraf eksposisi laporan dibuat dengan tujuan mempermudah bentuk rincian yang biasanya disertaikan data data yang sudah terbukti kebenaran-nya. Dimana didalam isinya tidak ada satupun pendapat dari penulis ataupun ahli terkemuka. Jika diibaratkan paragraf ini hanya mengemas data data dalam bentuk paragraf.

Contoh paragraf eksposisi laporan:

Dalam suatu penerbangan pesawat Boing 951 milik Pt. Garuda Airlines menghilang dalam suatu penerbangan yang dilakukan dari China, Baijing menuju Malaysia, Indonesia, Pada Sabtu tanggal (10/12/2015) pagi. Diantaranya terdapat penumpang berjumlah 170, termasuk didalamnya 6 bayi dan 15 kru pesawat tersebut, dimana terdapat sebanyak 60 orang diantaranya berasal dari Indonesia.

Kemudian terdapat penumpang yang berasal dari 8 negara tetagga. Berikut kami berikan daftar menyertaan data yang kami rincikan asal negara para penumpang dan jumlahnya:

  • China 50 orang dan 5 bayi
  • Malaysia 34 oran
  • Ukraina 5 orang
  • Kanada 2 orang
  • Australia 13 orang
  • Perancis 15 orang
  • Indonesia 57 orang dan 3 bayi
  • Amerika Serikat 5 orang dan 1 bayi
  • Selandia Baru 2 orang

Demikianlah pembahasan kita dari mulai pengertian paragraf eksposisi, jenis jenis paragraf eksposisi, ciri ciri paragraf eksposisi, beserta contoh paragraf eksposisi singkat. Jika ada yang ingin ditanyakan anda bisa menulisnya dikolom komen. mudah mudahan bermanfaat, sekian dan terimakasih…

Tinggalkan komentar