Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Dan Penjelasan Lengkapnya !

Contoh karangan argumentasi singkat – Paragraf argumentasi merupakan sebuah tulisan yang sadar tidak sadar sering kita jumpai dalam majalah, koran ataupun artikel dalam website berita. Dalam kegiatan harian juga mungkin sering kita temukan di dalam esai, wacana, teks pidato, tajuk ataupun teks-teks diskusi.

Untuk menambah wawasan kita semua artikel ini tak hanya membahas Contoh karangan argumentasi singkat saja. Namun, akan kami paparkan secara lengkap tentang pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis ,struktur paragraf argumentasi.
Baiklah, langsung saja mari kita pelajari bersama-sama paragraf argumentasi dibawah ini.


Apa Yang Dimaksud Paragraf Argumentasi ?


Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi kumpulan gagasan yang membahas suatu permasalahan yang dijabarkan dengan cara mengumpulkan pendapat, bahasan, ulasan, ataupun ide pribadi dari penulis. Paragraf argumentasi dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan para pembaca supaya memiliki gagasan ide yang sama dengan penulis.

Ada beberapa unsur dalam paragraf argumentasi yang harus dipenuhi untuk mencapai target. Diantara unsur tersebut adalah fakta-fakta yang benar seperti data, teori ahli, hasil research, contoh, dan lain-lain. Unsur tersebut dibuat untuk menguatkan penjabaran dalam paragraf argumentasi tersebut.

Sehingga paragrag argumentasi yang dibuat tidak dianggap sebagai omong kosong belaka oleh para pembaca. Namun dengan ditampilkan unsur tersebut pembaca akan merasa yakin dan setuju dengan pendapat yang Anda kemukakan.


Perbedaan Paragraf Argumentasi dan Eksposisi


Ada beberapa kemiripan yang terdapat pada karangan Argumentasi dan Paragraf Eksposisi. Bahkan sering sekali banyak yang salah paham sengan keduanya. Memang, jika kita perhatikan kedua paragraf tersebut memiliki kesamaan dari segi data-data actual.

Namun, data actual pada paragraf eksposisi hanya digunakan untuk menjelaskan. Sehingga tidak jarang kita akan merasa sulit untuk menemukan kesimpulan dari pemaparan yang sudah dijelaskan.

Sedangkan dalam paragraf argumentasi, data-data actual tersebut dipakai untuk memberikan bukti falid bahwa pendapat tersebut adalah benar apa adanya. Dimana pada bagian akhirnya kita bisa menemukan sebuah kesimpulan dari penjelasan tersebut.


Ciri-ciri Paragraf Argumentasi


Setelah mengetahui pengertian paragraf argumentasi, kita akan dipaparkan ciri-ciri yang terdapat pada paragraf argumentasi. Dimana jika ciri tersebut tidak kita temukan berarti paragraf tersebut bukan peragraf argumentasi.

  • Pendapat, keyakinan, dan pandangan penulis terhadap masalah yang sedang di bahas.
  • Menjabarkan masalah yang dibahas dengan cara menganalogikan dan menganalisis data.
  • Terdapat data-data yang faktual untuk dipakai meyakinkan para pembaca.
  • Diakhiri dengan cara memberikan kesimpulan berupa pendapat dari penulis yang digambarkan secara luas bukan sebagai penegasan dari topik utama.

Bagian Dalam Paragraf Argumentasi


Di dalam penulisan karangan argumentasi, ada 3 bagian utama yang harus ada dalam setiap penulisan paragraf argumentasi. yaitu:

1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian dimana penulis menjelaskan secara singkat dan memperkenalkan topik masalah yang akan dibahas dalam karya tulis tersebut. Dalam hal ini penulis harus bersikap adil (tidak membesar-besarkan atau menghilangkan data actual) dan penjelasan harus berdasarkan data yang falid.

2. Tubuh Argument

Bagian ini adalah bagian yang seluruh isi-nya adalah argument dan pandangan penulis terhadap topik masalah yang seadang dibahas. Dalam hal ini penulis harus bisa mengemukakan pendapatnya berdasarkan fakta-fakta, teori ahli atau hasil research.

3. Kesimpulan

Bagian kesimpulan adalah inti dan ringkasan dari semua pendapat penulis dalam memandang topik permasalahan yang sedang di bahas.


Jenis Dan Contoh Paragraf Argumentasi


Berdasarkan cara penulisannya dan cara pengembangan topik utamanya contoh karangan argumentasi singkat dikelompokkan menjadi dua. Yaitu jenis paragraf argumentasi sebab-akibat, dan jenis paragraf argumentasi akibat-sebab. Sekilas Seperti sama namun ini dia perbedaannya :

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Jenis paragraf argumentasi Sebab-Akibat ini diawali dengan cara mengemukakan pendapat-pendapat tentang penyebab timbulnya masalah yang sedang dibahas. Yang mana bagian akhir para pembaca diarahkan pada satu kesimpulan yang umum. Jenis ini juga disebut sebagai akibat dari sebab-sebab tersebut.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf Argumentasi ini diawali dengan memaparkan pendapat-pendapat berupa akibat dari suatu permasalahan yang sedang dibahas dan pada bagian akhir paragraf dijelaskan apa yang menjadi penyebab akibat-akibat tersebut.


Kumpulan Contoh Karangan Argumentasi


Baiklah setelah menyimak bebepara penjelasan tentang pengertian, jenis-jenis, dan ciri paragraf argumentasi akan kami berikan beberapa contoh Karangan Argumentasi singkat. Supaya ilmu yang sudah kita dapatkan semakin terang berikut contoh paragraf argumentasi yang baik dan benar :

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Contoh karangan Argumentasi Lingkungan
pejambon-bjn.desa.id

Pada zaman ini sampah berserakan di mana – mana. Hal ini bisa kita rasakan dan lihat lingkungan sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya dibuang oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki sifat malas yang berlebihan sampai mereka tidak mau untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita.

Hal ini akan berakibat buruk kepada makhluk hidup, diantara efek buruknya kita bisa kapan saja terserang penyakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain dengan melalui udara yang kita sama sama hirup ini.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Contoh karangan Argumentasi Tentang rokok
detikfokus.com

Kebiasaan merokok bisa mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah sangat banyak korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dipaparkan kementerian kesehatan tercatat setiap 10 menit sekali ada individu yang meninggal diakibat rokok di negara Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan secara langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga beberapa tahun. Menurut dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung.

Semakin lama asap yang mereka hirup, maka akan semakin mempercepat proses itu. Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? karena didalam sebatang rokok terkandung zat-zat kimia berbahaya yang menyerupai racun, seperti pemutih lantai dan bahan bakar untuk roket.

Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok bisa menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba

Contoh karangan Argumentasi singkat Tentang Narkoba
bantenexpres.com

Akhir – akhir ini narkoba telah merajalela di negeri kita. Semua kalangan dimulai dari masyarakat bawah hingga masyarakat kelas atas telah menggunakan narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi adalah narkoba juga telah merasuki para penegak hukum di negeri ini.

Menurut data yang diberikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram itu meningkat sampai dua kali lipat dari tahun ke tahun. Kebanyakan dari korban tersebut adalah para remaja. Untuk menyikapi permasalahan  ini pemerintah sudah menetapkan bahwa Negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba.

Oleh sebab itu, penulis sangat yakin bahwa masa depan bangsa ini akan hancur dalam beberapa tahun yang akan datang jika pemerintah tidak mengambil langkah yang nyata untuk menghentikan arus peredaran barang haram ini. Ada beberapa alasan mengapa narkoba bisa menghancurkan kehidupan bangsa ini.

Oleh karena itu, narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini. Hal ini dikarenakan barang haram ini bisa menghancurkan masa depan para pemuda, calon penerus bangsa, narkoba bisa menghancurkan daya kreatifitas para remaja, dan yang terakhir barang haram ini bisa menciptakan generasi pelanggar hukum.

Semua akibat itu akan menuntun pada kehancuran bangsa ini. Maka dari itu, jika pemerintah tidak melakukan tindakan yang nyata untuk menghentikan peredaran barang haram ini, maka bisa dipastikan Negara ini akan hancur dalam beberapa tahun ke depan.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Korupsi

Contoh paragraf Argumentasi Singkat Tentang Korupsi
solopo.com

Korupsi sudah saat ini sudah menjadi sebuah permasalan yang besar dan cukup serius bagi bangsa kita. Dapat kita bayangkan dari berita yang dirilis dan disiarkan dalam surat kabar Republika (17 Desember 2002). Yang mana tertulis bahwa banyak dari kalangan pejabat yang melakukan perbuatan keji ini.

Bahkan DPR saat ini sedang  menggalang dukungan untuk pembentukan Pansus dalam rangka menyelidiki dugaan penyalahgunaan dalam pemerintah dalam mengunakan dana Korpri senilai Rp900 miliar selama 10 tahun di bawah kepemimpinan Ketua Umum Korpri Feisal Tamin.

Korupsi juga terjadi di badan-badan yang seharusnya mengurusi kesejahteraan rakyat, antara lain di Jamsostek. BUMN juga sudah lama menjadi sarang para maling yang berdasi dan berkrah (leher kemeja) putih.

Contoh Karangan Argumentasi Singkat Tentang Korupsi

Contoh Argumentasi Singkat Tentang Korupsi
suarakebebasan.org

Perdagangan bebas merupakan penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor maupun impor.Perdagangan bebas tidak mempunyai hambatan perdagangan antar individu-individu perusahaan-perusahaan berada dinegara yang berbeda.Perdagangan bebas dapat menimbulkan tingkat pengangguran yang tinggi,banyak pengusaha- pengusaha kecil maupun yang besar tersingkir akibat kalah saing dengan perusahaan asing.

Misalnya Produk Indonesia terancam bangkrut akibat perdagangan bebas dengan Cina. Sekarang saja, ketika produk Cina masih dikenakan bea masuk lima persen, harga barang dari negara Tirai Bambu itu masih lebih murah dibanding produk dalam negeri.Jadi perdagangan bebas itu dapat menciptakan hambatan-hambatan baru karena dapat merugikan perusahaan-perusahaan kecil maupun yang besar yang ada di dalam negeri.

Contoh Karangan Argumentasi Tingkat Kemiskinan

Contoh paragraf Argumentasi Tingkat Kemiskinan
bem.pefe.ui.ac.id

Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998.

Penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, dan banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.

Demikianlah penjelasan kami tentang paragraf argumentasi dan contoh karangan argumentasi singkat dalam berbagai macam kondisi seperti tentang ekonomi, perdagangan, kemiskinan, korupsi, dan linkungan. Mudah mudahan contoh karangan argumentasi singkat yang kami berikan bisa menjadi refrensi dan dapat membantu anda. mungkin cukup sekian dan terimakasih…

Satu pemikiran pada “Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Dan Penjelasan Lengkapnya !

Tinggalkan komentar