muslimah sejati

Menyusuri Sejarah Muslimah Sejati Pada Zaman Nabi Muhammad

Muslimah Sejati Menurut Islam – Sesungguhnya islam adalah agama yang paling mulia yang mengatur tatanan kehidupan dalam segala sesuatunya. Termasuk urusan kaum wanita, sebagai seorang umat islam kita harus mengetahui bahwa Allah subhanahu wata’ala begitu mengistimewakan perempuan.

Hal ini merupakan bantahan bagi orang-orang yang mengatakan bahwa agama islam terlalu mengekang kaum perempuan. Dengan menganggap derajat kaum perempuan lebih rendah dari pada kaum laki-laki. Padahal jika kita menyusuri sejarah banyak para muslimah sejati dalam masa kenabian.

muslimah sejati
muslimah sejati

Perempuan sebenarnya memiliki kesempatan yang sama seperti kaum laki laki untuk mengembangkan kemampuan diri supaya menjadi sukses. Hal ini sudah banyak dibuktikan saat zaman kenabian, dimana semua istri dan shabiyah pada zaman tersebut diberikan kesempatan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk menimba ilmu dan maksimalkannya supaya bisa berperan serta dalam dakwah Islam.

Tidak hanya berperan menjadi ibu rumah tangga yang hanya bisa tidur atau beraktifitas di rumah saja, mereka memiliki peran yang sangat penting didalam kemajuan islam karena kebebasan yang diberikan tidak hanya digunakan untuk belajar saja. Bahkan diantara mereka ada yang ikut berkontribusi turun ke medan perang.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa kisah muslimah sejati menurut islam yang mungkin bisa menambah rasa semangat kita didalam mengamalkan ajaran islam ini. Diantaranya kisah inspiratif muslimah sejati seperti kisah Nusaibah, Khaulah Bin Azur, dan Nailah.


Kecerdasan Aisyah Binti Abu Bakar


aisyah binti abu bakar adalah muslimah sejati
istri Rasulullah Aisyah Binti Abu Bakar

Julukannya adalah Ummahatul Mukminin Istri kesayangan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. kecerdasan dan keluasan pengetahuan yang ia miliki merupakan hal yang membuat Rasulullah menjadikannya istri yang paling disayang.

Ilmu yang dia miliki saat ini menjadi rujukan berbagai macam cabang ilmu, terutama dalam bidang hadist. Tanpanya umat islam saat ini tidak akan mengetahui kegiatan harian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Aisyah Binti Abu Bakar dilahirkan bulan Syawal tahun ke-9 sebelum hijrah atau pada tahun ke-5 di masa kerasulan Muhammad. Sejak kecil, Sahabat Abu Bakar menjaganya dari mendengarkan suara kesyirikan dan kekafiran di sekitar rumahnya. Diantara kemampuan Aisyah Bintu Abu Bakar adalah:

  • Kemampuan mengingat yang baik. Ia mampu menghafal seluruh hadist-hadist yang pernah didengarnya dengan baik seperti apa yang Rasulullah sampaikan;
  • Kemampuan meriwayatkan, memahami, menarik kesimpulan suatu hadits serta memberikan penjelasan secara detail tentang hukum fiqih yang terkandung di dalam sebuah hadist;

Seorang muslimah sejati harus memiliki kecerdasan didalam menjalankan misi dakwah ini. Tak hanya memiliki banyak ilmu, seorang muslimah harus memiliki kecakapan didalam menyampaikan ilmu yang dimilikinya tersebut. Aisyam Binti Abu Bakar merupakan contoh yang bisa diteladani para muslimah sejati.


Kisah Nusaibah binti Ka’ab


nusaibah binti kaab muslimah sejati dizaman rasulullah
shahabiyah nusaibah binti ka’ab

Kisah Nusaibah adalah kisah inspiratif muslimah sejati menurut islam yang petama. Nusaibah adalah seorang perempuan yang kedudukannya begitu mulialah. Nama panjang shahabiyah yang satu ini adalah Nusaibah binti Ka’ab radhiallahu anhu.

Pada zamannya Nusaibah binti Ka’ab Al-Anshariyah lebih dikenal dengan sebutan Ummu Imarah. Dia adalah salah seorang wanita yang bergabung dengan dalam bai’at Aqabah. Nusaibah juga seorang sahabat perempuan yang keberaniannya sangat diakui para ahli sejarah.

Nusaibah merupakan muslimah sejati Yang Sangat Memahami sebuah Peran. Hampir seluruh peperangan bersejarah dia ikuti bersama sana dengan suami dan anaknya. Ia sangat menyadari perannya sebagai seorang istri harus senantiasa berada di sisi suami, juga perannya sebagai seorang ibu untuk melindungi dan memberi contoh mulia untuk anak-anaknya.

Muslimah sejati harus bisa ikut serta dan berperan aktif untuk menegakkan kebenaran dienul islam ini.

Dalam setiap peperangan, Nusaibah selalu ikut serta bersama pasukan muslim untuk membawa dan memberikan minuman kepada prajurit yang kehausan dan mengobati prajurit yang terluka. bahkan dalam suatu riwayat ia bahkan ikut serta dalam peperangan melawan musuh untuk melindungi Rasulullah.

Tidak peduli seberapa tinggi atau rendahnya ada dimana posisi kita berada. Jika tekad menjadi muslimah sejati yang ingin turut serta dalam da’wah membela agama Allah merupakan landasan terpenting yang harus dimiliki dan tanamkan dalam diri seorang muslimah sejati.


Kisah Khaulah Binti Azur


khaulah binti azur seorang muslimah sejati menurut islam
shahabiyah khaulah binti azur

Khaulah binti Al Azur adalah salah satu muslimah yang sangat berani. Ia tidak takut dengan kehebatan dan kekuatan orang-orang yang memhina islam. Sama seperti Nusaibah, ia juga hampir mengikuti semua peperangan dalam menegakkan kebenaran agama Allah ini.

Pada awalnya dalam setiap peperangan ia masuk kedalam rombongan pasukan Islam di barisan belakang. Tugasnya saat itu menyiapkan makanan dan minuman untuk semua pasukan, mengobati orang-orang yang terluka dan menyiapkan alat-alat pertempuran.

Namun suatu ketika ketika pasukan Islam sedang terdesak dan banyak pasukan yang gugur. Maka tidak ada pilihan baginya melainkan Khaulah ikut berjuang membantu pasukan Islam dan Rasulullah. Ia tidak ingin tubuhnya dinikmati dan dijamah kaum kafir, apalagi jika kehormatannya dirampasan dan dijadikan budak.

Selain berani ia juga sangat cerdas. Khaulah sering terjun ke medan pertempuran dengan cara menutup mukanya dengan kain (seperti cadar) karena dirinya tidak mau ketahuan bahwa ia adalah seorang wanita. yang dia inginkan hanya berjuang dan berperang di barisan depan membela agama Allah.


Menjadi Muslimah Sejati


Seorang sebenarnya memiliki peran yang cukup penting didalam dakwah dan perjuangan islam dimasa lalu maupun dimasa yang akan datang. Tak hanya kecerdasan, seorang muslimah harus memiliki kekuatan untuk membantu perjuangan dakwah islam ini.

Kamu juga bisa menjadi tangguh seperti Nusaibah, Khaulah binti Azur, dan Nailah. Mari sama-sama kita mulai dari sekarang untuk ikut berkontribusi di dalam masyarakat. Tunjukan bahwa kamu adalah muslimah sejati yang tidak hanya taat, tetapi juga tangguh!

Salah satu kendala yang sering dihadapi muslimah dalam menguatkan dan meyehatkan jasmani-nya adalah malas untuk berolahraga dengan alasan tidak ada pakaian yang pantas digunakan untuk olahraga. Padahal sekaran sudah banyak orang yang menjual rok celana yang bisa digunakan untuk berolah raga.

Muslimah sejati harus memiliki tekad, kecerdasan dan tubuh yang kuat untuk mendukung kemajuan dakwah islam ini. Kuat jiwa dan raga saja belum cukup, namun kekuatan aqidah harus kita miliki sebagai pondasi tiang utama tegaknya kedua aspek tersebut. Mungkin cukup sekian dan terimakasih banyak. 😀

Order Rok Celana WA (Only): 0838-2733-9278 atau 0815-1416-2959

rok celana

Tersedia berbagai jenis ukuran, bahan dan warna untuk para muslimah sejati yang ingin berolahraga

Tinggalkan komentar