Contoh Susunan Acara Seminar dan Hal Penting Dalam Pelaksanaanya

Contoh Susunan Acara Seminar – Seminar merupakan sebuah acara penting dimana segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. Seperti konsep acara yang menarik sampai susunan acara seminar harus di pikirkan dan disesuaikan dengan tema pemahasan. Seperti seminar kesehatan, motivasi atau konsep seminar nasional.

Pada umumnya seminar adalah sebuah tempat dan perkumpulan orang orang yang ingin membentuk pengajaran akademis. Acara seminar, biasaya diselenggarakan oleh universitas ataupun organisasi tertentu. Pembahasan dalam seminar bermacam macam, ada yang bersifat motivasi bisnis atau pendidikan.

acara seminar
ada seminar.blogspot.com

Fokus pada suatu pembahasan khusus adalah yang di cari. Dimana mereka yang ikut bisa berpartisipasin secara aktif. Sering kali seminar di buka dengan dialok dan beberapa kata pembuka oleh para moderator dalam seminar, atau dimulai dengan presentasi materi yang bersifat formal. Dengan tujuan mendekatkan para audiance kepada pembahasan di dalam seminar tersebut.

Pada Dasarnya Seminar bukan sebuah ilmu tabu yang hanya bersifat untuk menambah pengetahuan, dan memfokuskannya. Pengertian seminar hampir sama seperti diskusi,yaitu saling bertukar pikiran sesama anggota secara lisan.

Berikut ini adalah contoh susunan acara seminar, baca sampai habis ya guys !!!


Contoh Susunan Acara Seminar Motivasi


Seminar motivasi
Kalau Sayang, Lakukanlah yang Terbaik
Ruangan Aula Sekolah Menengah Atas Negri 1997
Selasa, 01 november 2014
SUSUNAN ACARA SEMINAR MOTIVASI

No.

Waktu

Acara

Pelaksana

Keterangan

1

08.00-08.10 Pembukaan Acara Khodijah

Ayu Duie

MC

2

08.10-08.20

Sambutan Ketua  Panitia Pelaksana

Oki Adi Putra

 –

3

08.20-08.40

Sambutan Kepala Sekolah

Prof. Dr. Ihsanudin

4

08.40-08.45

Pembacaan Doa

Ust. Nanang Rusmanto

 Supaya acara bisa berjalan dengan lancar.

5

08.45-10.15

Seminar Tahap I

Hertien S. Islam

Citra H. (Penulis)

Percaya Diri

6 10.15-10.30 Istirahat  Seksi konsumsi
7 10.30-11.30 Seminar Tahap II Dr. Hadiwiyono

Citra H. (Penulis)

Jangan Kelamaan, Langsung aja !!!
8 11.30-12.00 Pertunjukan Seni Unit Kegiatan siswa 1997   Keseni tari Adat Sulawesi
9 12.00-13.00 Istirahat Seksi konsumsi
10 13.00-13.45 Seminar Tahap III

Drs. Denny D.

Citra H. (Penulis)

Perbaiki Diri Jika Yakin
11 13.45-14.30 Seminar Tahap IV Drs. H. Abun

Citra H. (Penulis)

Lakukan yang Terbaik Untuk-nya

12 14.30-15.00 Pembacaan Kesimpulan:

v Seminar Tahap I

v Seminar Tahap II

v Seminar Tahap III

v Seminar Tahap IV

Khodijah

Ayu Duie

 Mc
13 15.00-15.15 Penutupan Khodijah

Ayu Duie

 Mc

Contoh Susunan Acara Seminar Nasional


contoh susunan acara pelatihan
aai.or.id

Manfaat Mengikuti Seminar

Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat dari mengikuti seminar, diantaranya:

  • Melatih supaya bisa bersikap demokratis.
  • Melatih supaya bisa bersikap toleransi.
  • Mengembangkan pemikiran dan kepribadian.
  • Merupakan sebuah sarana untuk melatih cara berfikir yang lebih baik.
  • Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman supaya lebih terarah.
  • Melatih dan menambah kepintaran dan kreatifitas.

Unsur unsur dalam Seminar

Didalam seminar pasti melibatkan unsur unsur. Ada tiga bagian unsur unsur yang harus dipenuhi dalam mebuat seminar, Diantaranya:

  • Unsur usur petugas yang mengurus keberjalanan seminar seperti pemandu atau moderator, penulis, dan penyaji makalah.
  • Unsur unsur Materi yang meliputi masalah masalah, tema pembahasan dan pembicara.
  • Unsur unsaur Fasilitas di perlukan dalam seminar seperti ruangan, kursi, meja, papan tulis, alat-alat audiovisual, kertas dan sebagainya.

Hal Penting Dalam Pelaksanaan Seminar


seminar anak
formanak.co

Untuk menyelenggarakan seminar ada beberapa hal penting dalam pelaksanaan seminar yang harus diperhatikan oleh panitia. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Seperti Tempat pelaksanaan, contoh susunan acara seminar, konsumsi, dan fasilitas yang disiapkan. Berikut ini hal pentingnya:

A. Undangan

Membagikan surat undangan dalam acara pembuka dan juga penutupannya. Undangan harus dicek secara baik tersebut termasuk undangan yang akan diberikan kepada para peserta seminar, penyaji makalah pembahasan, kepada moderator dan juga undangan untuk pemateri dan yang membuka acara seminar itu secaara resmi. Undangan ingin disebarkan tidak boleh terlalu jauh jaraknya dengan hari diselenggarakannya seminar, dan juga tidak boleh terlalu dekat dengan waktu pelaksanaan.

Undangan yang diberikan terlalu jauh jaraknya kemungkinan besar akan dilupakan, sebaliknya kalau terlalu dekat bisa menyebabkan orang-orang yang diundang tidak bisa datang karena memiliki dijadwal acara yang lain. Dalam undangan harus di cantumkan tanggal dan tempat pelaksanaan secara jelas (kalau perlu disertakan juga peta petunjuknya), materi akan bahas dalam seminar, termasuk jadwal acaranya.

B. Ruang Seminar

Pemilihan tempat dan ruangan harus benar benar di perhatikan oleh panitia. Dengan mempertimbangkan faktor faktor fasilitas, dan kenyamanan orang orang yang ikut. Ada beberapa indikator ruangan bisa digunakan untuk seminar, diantaranya :

  • Tempat duduk yang nyaman yang disesuaikan dengan bentuk ruangan dan disesuaikan jarak pandang para peserta. Dalam seminar biasanya disesuaikan tata letak tempat duduk yang harus mencerminkan seorang demokratis. Begitu juga tata letak meja harus diatur tata letaknya seperti ini layaknya sedang rapat agar tidak bertele-tele.
  • Lampu penerangan. Di dalam ruangan seminar. Harus dipastikan dan diperiksa apakah penerangan yang ada sudah cukup untuk menyinari pembicara dan para peserta. Penyinaran harus diatur tidak terlalu terang atau kurang terang. Sangat disarankan untuk menggunakan lampu yang buram supaya sinar yang dikeluar tidak menyilaukan mata.

C. Sistem Suara

Maksudnya adalah alat-alat pengeras suara yang digunakan beserta kelengkapannya. Jeleknya acara seminar sering kali terjadi karena pengeras suara yang digunakan tidak bekerja dengan baik. Karena pengeras suara harus diatur secara benar supaya apa yang tertera dalam contoh susunan acara seminar bisa berjalan dengan sukses dan tidak terhambat kelancarannya hanya karena persoalan pengeras suara yang macet.

Untuk itu sangat diperlukan kesiapan yang matang dan cermat dalam mengatur sistem suara ini, baik yang menyangkut tata letaknya ataupun kekuatan suara itu sendiri. Untuk kelancaran dalam siste suara biasanya banyak yang menggunakan pengeras suara tanpa kabel atau Wireless Microphone. Kemudian semua peralatan harus dicek kesiapannya sebelum acara yang sebenarnya dimulai.

D. Alat Tulis.

Mempersiapkan keperluan tulis-menulis untuk para peserta hanya bersifat opsional. Namun memparsiapkannya jauh lebih bagus. Alat-alat tulis seperti dan perlengkapannya biasanya berupa tas yang didalamnya ada pulpen, kertas kosong, jadwal acara dan makalah bahan-bahan seminar. Karena perkembangan zaman biasanya alat tulis diganti dengan gutget dari masing masing peserta.

E. Makanan dan Minuman

Memperhatikan makanan, cemilan, dan minuman yang disiapkan. Kalau seminar diselenggarakan selama satu hari penuh maka perlu disiapkan makan siang. Biasanya ada jam jam tertentu untuk membagikan makanan seperti pada pagi hari sekitar jam 10.00 dan sore hari sekitar jam 15.00.

Ada beberapa cara jitu untuk menghidangkan makanan kecil. Ragam caranya Ada yang menghidangkannya sebelum peserta seminar masuk kedalam ruangan, ada yang disajikan pada saat acara dilaksanakan, ada yang disajikan pada waktu istirahat dengan mengambil sendiri, dan ada juga yang dikombinasikan dengan menyajikan minuman sebelum acara dilaksanakan dan disaat istirahat.

F. Menyediakan Akomodasi

Penyediaan akomodasi peserta juga harus diperhatikan bila acara tersebut dilaksanakan selama lebih dari satu hari. Panitia harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan bisa menentukan apakah disediakan penginapan gratis atau peserta harus membayar lebih.

Kalau peserta membayar lebih, maka hal yang perlu dipersiapkan panitia adalah informasi terkini tentang penginapan terbaik, dan soal jarak dari tempat seminar yang sedang berlangsung, dengan tarif beserta fasilitas yang pelayanannya mumpuni.

G. Fasilitas Kesehatan

Hal ini yang tidak kalah pentingnya dari hal hal yang sudah disebutkan diatas. Panitia harus mempersiapkan petugas kesehatan khususnya untuk pertolongan pertama.

Semoga contoh susunan acara seminar dan juga hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat seminar bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang memerlukannya. Sekian dan terimakasih….

2 pemikiran pada “Contoh Susunan Acara Seminar dan Hal Penting Dalam Pelaksanaanya

Tinggalkan komentar